top of page
  • Writer's pictureAl-Amjad

Fieldtrip ke OIF UMSU


Pada tanggal 04 Februari 2020, siswa-siswi kelas 6 SD Al-amjad berkunjung ke Observatorium Ilmu Falak (OIF) dan Planetarium UMSU yang terletak di Jl. Denai No 217 Lt. 7 Gd Pascasarjana UMSU, Tegal Sari Mandala II, Medan Denai, Kota Medan, Sumatera Utara 20226. Kegiatan ini dimulai pukul 08:00 dan berakhir pada hari di jam 10.00. Dengan didampingi oleh guru pembimbing dan narasumber dari pihak OIF UMSU, para siswa memperoleh informasi tentang berbagai macam benda langit mulai dari planet, matahari, bulan, dan bintang. Selain itu, siswa juga diperkenalkan tentang peristiwa alam seperti gerhana matahari dan gerhana bulan.


Kegiatan dilaksanakan melalui media audio visual dengan ruangan yang seperti bioskop, sehingga siswa semakin antusias mengikutinya. Selanjutnya para siswa diajak masuk ke ruangan peralatan. Di ruangan ini, siswa melihat langsung berbagai macam peralatan astronomi. Narasumber juga mnejelaskan fungsi dari peraslatan yang ditampilkan seperti teleskop, kompas, jam matahari, dan lain-lain.

Di area luar, siswa dapat mencoba menggunakan teleskop untuk melihat matahari, juga bermain roket serderhana dengan para narasumber. Para pemandu di OIF UMSU juga menjelaskan banyak hal tentang cara penentuan arah kiblat, fenomena pergerakan bumi, serta benda-benda langit yang banyak beredar di luar angkasa.



Commentaires


bottom of page